PENGALAMAN KERJA DI ALFAMART

Assalamualaikum sobat Blogger yang budiman.
Semangat Pagi di Sore Hari yang kondisinya agak mendung tapi saya harap bisa membangkitkan semangat sobat semua menjadi bergebu gebu untuk menggapai cita cita dan tujuan dalam kehidupan Dunia dan Akhirat.
untuk postingan kali ini saya mohon maaf tidak menjadwalkan postingannya secara teratur dan cenderung sangat jarang.dikarenakan kesibukan saya sendiri. untuk sekedar informasi dan wawasan mengenai pengalaman pekerjaan di suatu Perusahaan. pertama kali saya akan informasikan detail perusahaan secara mendasar. Bisa di simak di bawah ini :

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9e/ALFAMART_LOGO_BARU.png
Jauh sebelum kesuksesannya saat ini, Alfamart di bawah PT. Alfaria Trijaya, Tbk. tentu memiliki kisah perjalanan bisnis yang penuh dengan lika-liku. Apapun jenisnya, bisnis memang selalu memberikan sejarah berarti, tak terkecuali cerita menarik yang dimiliki. Berikut di bawah ini fakta-fakta singkat mengenai sejarah alfamart, minimarket bermaskot lebah serta alamat Alfamart terlengkap di seluruh Indonesia!
Kegiatan usaha PT. Alfaria Trijaya, Tbk. ini pertama kali didirikan tanggal 22 Februari 1989 oleh Djoko Susanto, seorang pengusaha rokok asal Jakarta. Setelah 13 tahun bergerak dalam industri perdagangan rokok, perusahaan ini kemudian membuka jaringan minimarket yang diberi nama Alfa Minimarta pada tahun 1999. Inilah sejarah Alfamart pertama kali melayani para pelanggan setianya.
Untuk Cabang Tokonya sendiri ada Banyak di seluruh Indonesia. tapi yang saya bahas Cabang Bandung 1.
yang beralamat di Jl Sokarno Hatta. Gedebage Bandung.

Saya Melamar di Ritel perusahaan Alfamart di bulan Mei 2017. Waktu itu ada Proses Seleksi di Alfamart Panumbangan. dengan kondisi baru Pelulusan Sekolah SMK di Ciawi Saya Berharap dapat Pekerjaan.
Untuk Proses Seleksinya sendiri ada beberapa tahapan diantaranya :

1. TINGGI BADAN
2. BUTA WARNA
3.TEST TULIS
Untuk test tulisnya sendiri hanya Perhitungan Angka yang berderet keatas. untuk nama perhitungannya saya nggak tau.bisa ditanyakan ke orang lain ya.

4. TEST WAWANCARA
Ini adalah tahapan terakhir dalam Test Seleksi di Alfamart. jika disetiap seleksi Sudah Lolos dalam artian tidak diperbolehkan pulang lebih awal maka Kita sudah masuk kriteria penilaian selanjutnya. jika Test Wawancara ini sudah Lolos artinya anda sudah berhasil tinggal nunggu Panggilan Training.walaupun mereka bilang Waktu panggilannya pasti Lama Antara 1-3 Bulan Lebih tapi itu sudah pasti Keterima tinggal Nunggu saja
Saya sendiri dalam proses menunggu Panggilan Training Pernah Nari Penghasilan dulu buat bekal nanti pas Training. Saya Pernah kerja di Toko Alat Rumah tangga Dapur dan Kerja di Toko Kasur, demi menambah pembekalan Ekonomi saya selama Masa Training Kelak.
Saat Panggilan Trainingnya Dulu Lewat Pesan SMS, dan diundang 2 Hari setelah SMS tersebut terkirim.
Untuk Seragamnya Sendiri :
1. Celana Hitam Panjang Standar
2. Kemeja Putih( Kalau Sekarang di tahun 2019  Harus Pake Baju Polo Berkerah Hitam Polos)
3. Sepatu Model Warior Polos
4. Sabuk Polos
5. Ijazah Asli/ Surat Keterangan Lulus Asli (Kalau tidak membawa Otomatis tidak diterima)
untuk ijasahnya sendiri hanya di perlihatkan saja dan tidak di Sita oleh perusahaan. hanya memastikan sudah lulus SLTA saja.
6. Kartu Keluarga Asli
7. KTP Asli/ Surat Keterangan KTP
8. Baju Batik
9. Memiliki Email Aktif

untuk syaratnya seperti diatas. namun saya ingatkan dalam proses Training tersebut berlangsung selama satu minggu dan biasanya di hari Sabtu Kita Observasi ke Toko yang akan di tempatin. Untuk aturan dalam Observasi Berbeda beda tergantung team Trainingnya sendiri. ada yang Ketat ada yang nggak. Kalau ketatnya Suka Disuruh bikin makalah tertulis dan itu dikumpulkan pas kita ke bandung lagi, jika kita tidak membuat Makalah auto dikeluarin.
Kalau dulu saya berjumlah 3 Orang yang team Trainingnya memberi Toleransi nggak perlu membuat makalah. mungkin kebutuhan toko yang mendesak atau apalah itu ya. Pokoknya saya termasuk Orang yuang Beruntung waktu itu.
dalam masa training tersebut kita diajarkan cara bertransaksi melalui POINT OF SALE (POS) Aplikasi Alfamart itu Sendiri. Mulai dari Cara pembayaran dengan Debit, Kredit, Voucher, Diskon dan lainnya. selama 7 Hari itu kita di kasih makan 1 Kali di jam Siang.
Setelah Training itu selesai Kita Melakukan Tandatangan Kontrak dan Gaji. di sesi inilah kita akhirnya tau berapa Gaji Alfamart kita. Sekaligus Pemotoan Untuk Pembuatan ID Card. Dengan Pakaian Batik Celana Hitam Jeans. untuk sesi ini pasti menggunakan Batik. kalau nanti ada yang kepanggil jangan lupa UUNTUK MEMBAWA BAJU BATIK.
setelah itu kamu sudah resmi jadi Pegawai Alfamart.

Untuk Penggajiannya sendiri Menggunakan Rekening Bank BCA. Jika selain itu Otomatis harus membuatnya lagi. System Payroll atau Gajian Otomatis Via Transfer yang menyertakan Bukti Detail Penggajian lewat Eamil Pribadi.

untuk contohnya Lihat dibawah :

Untuk Slip Gaji-Nya Sperti Ini :
Itulah Contoh Gaji Slip Gaji Alfamart.

Selain Penggajian ada Banyak Aturan lain.
1. VARIAN PLUS/ MINUS
Diproses Transaksi ada istilah Varian Plus atau Minus.
Plus artinya Kelebihan Uang yang di setorkan saat input Hasil Penjualan di Aplikasi Administrasi Alfamart dan uang lebih tersebut tidak bisa diambil. otomatis sudah termasuk Uang Setoran ke Pusat
sedangkan Minus Artinya Kekurangan Uang yang di setorkan saat Input Hasil Penjualan di Aplikasi Administrasi Alfamart dan Kekurangan Uang tersebut harus diganti Oleh Kasir tersebut.
Oleh Karena itu dalam proses Transaksi penjualan dengan konsumen harus benar benar teliti jangan sampai ada Varian Plus atau Minus Besar.
Untuk Tugas Kasir itu Bisa dilakukan Oleh Wanita atau Lelaki Tergantung Jadwal-nya. tak menuntut kkemungkinan Lelaki terus bertugas jadi kasir jika Wanitanya tidak masuk. namun yang jadi prioritas adalah Wanita yang jadi Kasir

2. NBH/ NSH
Dalam artian Barang Hilang (NBH : Nota Barang Hilang, NSB: Nota Selisih Barang)
Untuk aturan ini jika suatu toko Alfamart terjadi kehilangan Barang dengan jumlah tertentu yang telah dikurangi dengan Aturan Toleransi Kehilangan itulah yang harus Kita Ganti. 
dalam realisasi penggantiannya sendiri ada aturannya ada Proksi tertentu disetiap jabatan, tidak akan sama dalam mengganti NBH Tsb. pembayaran NBH tsb otomatis terpotong saat Kita Gajian.

3. Stock OpName
SO (Stock OpName) ialah Proses Sinkronisasi Jumlah item barang antara Fisik dengan Data di Komputer.
Untuk SO sendiri dilakukan Oleh Staf dan kalau Crew(Pramuniaga/ Kasir) melakukan SO itu hanya belajar dasar dalam pekerjaan Staf agar saat Promosi kenaikan jabatan dan Lulus sudah terbiasa dengan Pekerjaan Staf itu sendiri.
Untuk SO pasti ada jadwal di setiap harinya untuk Jumlah Rak yang harus di SO itu sudah terjadwal, itu sering di sebut SO Parsial/ SO Harian
Ada juga SO GRAND. SO Tersebut dilakukan biasanya di malam hari setelah waktu tutup toko dan Perhitungan Raknya Juga secara Keseluruhan. setelah dilakukan SO Baru diakumulasi Total Kehilangannya jika melebihi Batas Tolerasni itu adalah Nilai Rupiah yang harus kita Ganti.

Untuk Lebih detailnya bisa kita alami saat kita bekerja di Alfamart. pembahasan diatas Hanyalah Sebagai Gambaran Kerja di Alfamart. Saya harap Sharing tentang Pengalaman Kerja di Alfamart ini bisa memberi gambaran Seperti Apa Kerja di Alfamart.
Untuk Pertanyaan Bisa Inbox.


Sekian dan Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO SMK BANI KAMIL SUKARESIK PNG DAN CDR

LOGO SMK ISLAMIYAH CIAWI PNG DAN FILE CDR