ASESMENT ALFAMART

Selamat Siang. selamat Datang di Alfamart.
Mungkin kata ini yang melekat dalam Ucapan Saya. karena Selama dari tahun 2017 sampai Awal tahun 2020 Saya mengabdikan diri kerja di Perusahaan Retail. yakni PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau yang dikenal sebagai ALFAMART.
Jika temen temen sudah melihat postingan saya sebelumnya saya ucapkan terimakasih. dengan ini saya tidak perlu membahas lagi Pengalaman kerja dan cara saya Keterima di Alfamart.

https://cdn2.tstatic.net/sumsel/foto/bank/images2/logo-alfamart.jpg

Pada kesempatan kali ini saya akan Shraing Pengetahuan tentang Proses Kenaikan Jabatan di Alfamart. Mulai dari kita di Rekrut oleh TIM HRD/ Recruitment sampai kita Melakukan Tugas sebagai Pegawai Alfamart melayani Pembeli.
Saat saya mengikuti Training di Alfamart Bandung DC1 Itu kan selama 1 Minggu dari Hari Jumat - Minggu.
Selama itu Saya diajarkan cara mengoperasikan Aplikasi Point Of Sale (POS) Aplikasi transaksi di Alfamart. saya ingat sewaktu saya dilatih hanya dilatih penggunaan Aplikasi POS, Pembayaran menggunakan Voucer dan menggunakan Debit. Sampai di Hari Sabtu Saya ditugaskan Untuk Melakukan Observasi atau bisa dibilang Latihan sementara di Lapangan. sekaligus mengenal tempat kerja, ruang lingkup kerja dan Cara Realtime kerja itu seperti Apa.
Sudah lumrah dan kebanyakan pada Umumnya Karyawan baru itu memakai Baju Hitam Putih. dan di hari pertama ada rasa campuraduk bahagia, gugup dan lainnya.
diawal saya bekerja Belum ada yang namanya Pembayaran E-Toll, Gopay, DANA, OVO, LINK AJA. Selang satu bulan baru masuk kerja Baru lah E-Toll baru diberlakukan dan mulai disediakan Top Up E-Toll di Alfamart. namun selama proses Top Up MANDIRI, BCA Itu lancar Jaya prosesnya. pas di bagian BNI. ini mulai bermasalah dan pada akhirnya awal 2018 Top Up BNI (Tap Cash) di berhentikan untuk sementara waktu.
dan di tahun 2018 Pembayaran Gopay Mulai diadakan. disitu Untuk merealisasikan program-Nya Karyawannya mseti mengikuti Pelatihan diwakilkan saja. dan di mulai itu lah Selain Pembayaran menggunakan GO-Pay Mulai Bermunculan.

Setelah itu lama 7 Bulan saya sudah beradaptasi di Toko Pertama saya Tahun 2017 - 2018. setelah di pindahkan ke Alfamart Malangbong Saya Adaptasi kembali karena disini Toko 24Jam.
selama satu bulan Saya ditugaskan non Sift Malam. karena keamanan dan proses Adaptasi jadwal itu sendiri. Awal saya ditugaskan Sift Malam Masih Fine, Semangat, Energik ya karena baru pertama kali. namun setelah Satu Bulan Saya Kerja disana dan sudah tidak asing lagi kerja Sift Malam Mulai merasakan Lelah, ngantuk, capek yang gitu gitu biasa. hehehe bersabarlah ya.....
Untuk jadwal Shift dibagi tiga, Yakni Sift PAGI, SIANG & MALAM.
Setelah Lama di Toko Baru dan perhitungan Kerja Saya Sudah Masuk ke Satu Tahun Akumulasi dari Toko Sebelumnya Saya diajukan Kenaikkan Garde (Kenaikan Jabatan). Karena di Alfamart memiliki tahapan dalam kenaikan Grade. ini menurut pengalaman saya aturannya bisa berubah ubah.

Pertama Kali diterima di Alfamart itu bisa dibilah itu Grad e 3, Setelah Satu Tahun Kerja Baru diajukan Kenaikan Garde 4. Proses Kenaikan Grade 3 ke 4 hanya mengikuti Training Pengembangan saja Selama 3 Hari. untuk materinya juga mulai mengenal ilmu Staf. Nah... Setelah Status Grade 4 kita udah bisa berkesempatan mengikuti Kenaikan Jabatan ke Level Staf (Asisten Chift Of Store) Dan itu diadakan oleh perusahaan. pada Zaman saya 5 Bulan Sekali. Jika Sudah diajukan nanti ada proses pemanggilan Training Enricment lewat Email Toko.
Hal yang perlu di siapkan Hanyalah Alat tulis dan Kesiapan mental. diadakan selama 2 Hari di Kantor DC Bandung 1. Untuk trainingnya juga udah pasti beda ya pada saat kita Grade 4. disini Kita mulai diajarkan End Of Day (EOD), Menghitung Pendapatan (Pendapatan Non Commers, BRIS dan Sales), Cara Pengarsipan. Cara menjadi Leader dan lainnya.
setelah kita mengikuti Prosesnya sampai selesai Hanya menunggu Jadwal Asesment
1-2 Bulan Setelah Training Enricment.

Sebelum Asesment kita Harus Menyiapkan Beberapa Syarat diantaranya :
1. Membuat Makalah
Untuk Contoh Makalahnya Bisa Kalin Download di bawah sini :


2. Membuat Power Point
3. Niat Untuk Mengikuti Asesment

Setelah file tersebut disiapkan Kita bisa mengikuti Proses Asesment. Proses ini lah yang bisa menentukan kita Lulus atau tidaknya.
Jika Asesment ini telah Lulus Maka anda Sudah Berstatus STAF (Chift Of Store) atau bisa dibilah ACOS. Nah ACOS ini adalah Asistennya Kepala Toko atau COS (Chift Of Store). Kika Kalian Sudah bersetatus STAF. Maka Status Karyawan menjadi Tetap.

Artikel ini bertujuan untuk pengarsipan Berkas Sekaligus sebagai Media Sharing Informasi. Jika Kalian Membutuhkan File-Nya Kalian Bisa Download Langsung.
Kritik dan Saran Saya Harapkan. Semoga Kita diberi Kemudahan dan Wawasan Luas Untuk Menginmprovisasi diri kita menjadi lebih baik lagi.

Sampai Jumpa di Postingan Selanjutnnya. "Terimakasih, Silahkan Datang Kembali"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO SMK BANI KAMIL SUKARESIK PNG DAN CDR

LOGO SMK ISLAMIYAH CIAWI PNG DAN FILE CDR